Monday, March 3, 2014

Gejala Klinik Diabetes Melitus

Sebagaimana yang kita ketahui bahwasanya penderita penyakit diabetes melitus sering kali tidak mengetahui gejala-gejala penyakit ini. Dengan kata lain penderita penyakit ini tidak menyadari tipikal apa saja yang dirasakan. Namun demikian ada beberapa gejala yang harus diwaspadai sebagai isyarat kemungkinan diabetes.

Gejala tipikal yang sering dirasakan penderita diabetes antara lain poliuria (sering buang air kecil), polidipsia (sering haus), dan polifagia (banyak makan/mudah lapar) atau sering disebut dengan PPP (triple P). Gejala-gejala lain yang sering muncul yaitu keluhan penglihatan yang tiba-tiba rabun, terganggunya koordinasi antara gerakan anggota tubuh, sering mengalami kesemutan pada tangan atau kaki, acapkali timbul gatal-gatal yang sangat mengganggu (pruritus), dan berat badan menurun secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas.

Pada Diabetes Melitus Tipe I, gejala klasik yang umum dikeluhkan adalah poliuria, polidipsia, polifagia, penurunan berat badan, cepat merasa lelah (fatigue), iritabilitas, dan pruritus (gatal-gatal pada kulit).

Pada  Diabetes Melitus Tipe 2, gejala yang dikeluhkan umumnya hampir tidak ada. Diabetes Melitus Tipe 2 seringkali muncul tanpa diketahui, dan penanganan baru dimulai beberapa tahun kemudian ketika penyakit sudah berkembang dan komplikasi sudah terjadi. Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 umumnya lebih mudah terkena infeksi, sukar sembuh dari luka, daya penglihatan makin buruk, dan umumnya menderita hipertensi, hiperlipidemia, obesitas, dan juga komplikasi pada pembuluh darah dan syaraf.

No comments:

Post a Comment