Tuesday, March 4, 2014

Pra Diabetes

Perlu di ketahui bagi kita apa itu Pra-Diabetes?. Pra-diabetes merupakan kondisi disaat kadar gula darah seseorang berada pada angka kadar normal namun hampir menyentuh batas maksimal angka normal. Dengan kata lain antara normal dan diabetes. Lebih jelasnya, kadar gula darah lebih tinggi dari pada normal tetapi tidak cukup tinggi untuk dikatagorikan ke dalam diabetes melitus tipe 2.

Diperkirakan Penderita pra-diabetes ini cukup banyak. Survey beredar, di Amerika diperkirakan ada sekitar 41 juta orang yang tergolong dalam kondisi pra-diabetes, disamping 18,2% orang penderita diabetes (perkiraan untuk tahun 2000). Sedangkan di Indonesia sendiri, angkanya belum diketahui secara jelas dan juga belum pernah dilaporkan, namun angkanya diperkirakan cukup tinggi, bahkan jauh lebih tinggi dari pada penderita diabetes.

Kondisi pra-diabetes ini sangat menentukan seseorang memiliki resiko yang tinggi terjangkit penyakit diabetes, serangan jantung dan stroke. Apabila tidak dikontrol dengan baik, dalam kurun waktu 5-10 tahun kondisi pra-diabetes dapat meningkat menjadi diabetes melitus tipe 2. Namun pengaturan diet dan olahraga yang baik dapat mencegah atau menunda timbulnya diabetes.

Ada dua tipe kondisi pra-diabetes, yaitu:
  • Impaired Fasting Glucose (IFG), 
Yaitu keadaan dimana kadar glukosa darah puasa seseorang sekitar 100-125 mg/dl (kadar glukosa darah puasa normal:  <100 mg/dl), atau
  • Impaired Glucose Tolerance (IGT) atau Toleransi Glukosa Terganggu (TGT), 
yaitu keadaan dimana kadar glukosa darah seseorang pada uji toleransi glukosa berada di atas normal tetapi tidak cukup tinggi untuk dikatagorikan ke dalam kondisi diabetes. Diagnosa  IGT ditetapkan apabila kadar glukosa darah seseorang 2 jam setelah mengkonsumsi 75 gram glukosa per oral berada diantara 140-199 mg/dl.

No comments:

Post a Comment