Saturday, December 7, 2013

Faktor Resiko pada Diabetes Melitus Tipe 2

Kita musti menyadari bahwa penyakit diabetes melitus ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Juga perlu diketahui bahwa mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes akan resiko terserang diabetes bahkan meningkat hingga dua kali lipat.

Apa saja faktor-faktor Resiko tersebut ?

Faktor risiko pada penyakit diabetes melitus tipe 2 dibedakan menjadi faktor yang dapat dimodifikasi dan faktor yang tidak dapat dimodifikasi. Usaha pencegahan biasanya hanya dapat dilakukan untuk mengurangi risiko yang dapat dimodifikasi.

  • Faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi 
Faktor ini contohnya riwayat anggota keluarga menderita diabetes melitus, usia >45 tahun, ras dan etnik, riwayat melahirkan bayi dengan berat badan lahir bayi >4000 gram atau riwayat pernah menderita diabetes melitus gestasional (DMG), dan riwayat lahir dengan berat badan rendah, kurang dari 2,5 kg.

  • Faktor risiko yang dapat dimodifikasi 
Faktor ini contohnya kurangnya aktivitas fisik, berat badan berlebih, hipertensi (> 140/90 mmHg), gangguan profil lipid dalam darah (HDL < 35 mg/dL dan atau trigliserida > 250 mg/dL, dan diet tak sehat tinggi gula dan rendah serat. Pencegahan diabetes melitus juga harus dilakukan oleh pasien-pasien prediabetes yakni mereka yang mengalami intoleransi glukosa (GDPP dan TGT) dan berisiko tinggi mederita diabetes melitus tipe 2.


No comments:

Post a Comment