Wednesday, December 4, 2013

Apa itu Diabetes Melitus (DM) atau Kencing Manis?

Perlu kita ketahui Diabetes Melitus (DM) atau sering disebut dengan kencing manis merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan kematian dengan peringkat nomor 6 di dunia. Maka dari itu ada baiknya kita ngenal lebih dalam tentang penyakit ini.

Diabetes Melitus (DM) merupakan Penyakit yang terjadi akibat adanya penumpukan glukosa/ gula dalam darah yang disebabkan oleh ketidakmampuan organ pankreas untuk memproduksi hormon insulin dalam jumlah yang cukup, tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang telah dihasilkan oleh pankreas secara efektif atau gabungan dari kedua hal tersebut. Glukosa adalah salah satu komponen yang dibutuhkan tubuh manusia agar dapat bekerja dengan normal, namun tetap dalam asupan glukosa harus ada pembatasan konsumsi agar glukosa dalam darah tidak berlebih.

Kadar gula darah sepanjang hari bervariasi, meningkat setelah makan dan kembali normal dalam waktu 2 jam. Kadar gula darah yang normal pada pagi hari setelah malam sebelumnya berpuasa adalah 70-110 mg/dL darah. Kadar gula darah biasanya kurang dari 120-140 mg/dL pada 2 jam setelah makan atau minum cairan yang mengandung gula maupun karbohidrat lainnya.

Salah satu penyebab Diabetes Melitus adalah kurangnya pencatatan dan pemantauan kondisi gula darah, sehingga menyebabkan seseorang tidak tanggap terhadap kondisi gula darahnya. Adapun masalah paling utama sesorang tidak melakukan pemantaun gula darah adalah sering mengalamai kelupaan melakukan pencatatan karena tidak ada yang mengingatkan.

Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini cukup serius dimana penyakit ini dapat mengakibatkan kebutaan, gagal ginjal, kaki diabetes (gangrene) sehingga harus diamputasi, penyakit jantung dan stroke.

Sekian dulu pembahasan mengenai pengertian Diabetes Melitus atau kencing manis?. Selanjutnya akan kita bahas tentang Faktor Penyebab Diabetes Melitus dan Obat Diabetes Melitus.

No comments:

Post a Comment