Thursday, December 5, 2013

Faktor Penyebab Diabetes Melitus

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas tentang apa itu diabetes melitus, sekedar kami ingatkan penyakit diabetes melitus ini merupakan penyakit yang menyebabkan kematian dengan peringkat nomor 6 di dunia. Sangat mengerikan bukan...??

Adapun faktor penyebab penyakit ini

Faktor keturunan 

Faktor ini cukup berperan besar sebagai salah satu faktor penyebab seseorang terkena diabetes melitus. Penyakit yang di derita oleh orang tua akan sangat cenderung diwariskan kepada anaknya. Namun tidak menutup akan adanya kemungkinan lain.

Mengkonsumsi karbohidrat yang berlebihan 

Makanan maupun minuman berkarbohidrat tinggi biasanya memiliki rasa yang enak dan manis. Hingga membuat kita cenderung untuk mengkonsumsinya lebih banyak. Padahal kita tidak tahu berapa banyak takaran gula yang terkandung di dalam makanan dan minuman tersebut. Karbohidrat itulah yang bisa membuat simpanan gula darah dalam tubuh kita berlebih.

Tingginya angka triglycerid (salah satu molekul lemak) 

Triglycerides adalah senyawa-senyawa kimia yang dicerna oleh tubuh untuk menyediakan padanya energi untuk metabolisme. Triglycerides adalah bentuk yang paling umum dari lemak yang kita makan, dan adalah ramuan utama pada minyak-minyak sayur (vegetable oils) dan lemak-lemak hewan.

Tingkat-tingkat triglyceride yang naik dalam darah mungkin dihubungkan dengan penyakit-penyakit yang berbahaya seperti diabetes melitus, serangan jantung dan stroke.

Konsumsi alkohol dapat menaikan tingkat-tingkat triglyceride dalam darah dan menyebabkan hati memproduksi lebih banyak asam-asam lemak.

Gaya hidup pasif dan malas bergerak

Gaya hidup pasif seperti kebiasaan duduk terlalu lama di depan televisi, komputer, memilih naik lift daripada naik tangga, dan jarang berolahraga bisa memicu timbulnya diabetes melitus. Karena semakin sedikit bergerak, semakin sedikit pula kalori tubuh kita yang terbakar. Penelitian di Harvard AS membuktikan jika kebiasaan menghabiskan banyak waktu di depan tv punya risiko menderita diabetes melitus hingga 14 persen.

Kurang tidur 

Gaya hidup seperti pola & kualitas tidur yang tidak baik juga bisa memicu timbulnya diabetes melitus. Penelitian menunjukkan, kurang tidur akan mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme gula dengan benar, karena menurunkan kadar insulin dalam tubuh kita. Selain itu, masih ada efek buruk lainnya yang bisa kamu simak di sini (Akibat Kurang Tidur)

Kebiasaan merokok 

Biasanya orang hanya tahu merokok hanya dapat membahayakan jantung, paru-paru, kehamilan dll. Namun, tanpa kamu sadari, merokok juga bisa merusak organ pankreas dan hati kamu. Padahal hormon insulin yang berkaitan langsung dengan diabetes melitus ini diproduksi langsung di dalam kelenjar pankreas.

Strees atau depresi 

Penyebab diabetes melitus tidak hanya disebabkan karena makanan gula saja. Faktor psikologis seperti stress pun menjadi salah satu penyebabnya. Penelitian dari Harvard School of Public Health pun menyebutkan bahwa wanita yang depresi, presentase untuk terkena diabetes melitus adalah 17 %.

Demikianlah faktor-faktor penyebab terjadinya penyakit diabetes melitus. Mungkin masih banyak faktor penyebab yang lain yang tidak bisa kami sebutkan. Untuk itu kami ingatkan ada baiknya kita mulai mengubah pola hidup kita dengan banyak berolah-raga dan tidak bermalas-malasan agar kita terhindar dari penyakit ini.

No comments:

Post a Comment