Friday, December 6, 2013

Gejala Diabetes Melitus 1

Pada sesi ini kita akan membahas mengenai gejala apa saja yang ditimbulkan oleh penyakit diabetes melitus.

Gejala pada penyakit diabetes melitus ini sebetulnya tidak sulit dideteksi namun karena gejala-gejala tersebut seringnya dianggap ringan dan diabaikan sehingga akhirnya pengidap penyakit ini tidak menyadari kalau seharusnya dia sudah harus mendapatkan tindakan medis. Banyak juga penderita diabetes melitus yang terlambat ditangani sehingga membahayakan kesehatan bagian tubuh lain.

Penting bagi semua orang untuk tahu gejala awal diabetes melitus, tidak hanya bagi Anda yang berisiko tinggi, tetapi juga Anda yang merasa sehat-sehat saja dan tidak ada bakat diabetes melitus. Jangan jadikan usia muda sebagao patokan untuk waspada, karena semakin banyak penderita diabetes melitus berusia muda bahkan remaja.

Gejala awal Diabetes Melitus biasa disebut dengan 3 P

1. POLIURIA (banyak kencing)
Hal ini terjadi ketika kadar gula melebihi ambang ginjal yang mengakibatkan glukosa dalam urin menarik air sehingga urin menjadi banyak. Maka acapkali para penderita diabetes melitus mengalami buang air kecil dengan intensitas durasi melebihi volume normal (poliuria).

2. POLIDIPSI (banyak minum)
Karena sering buang air kecil, acapkali para pasien diabetes (diabetesein) akan banyak minum, (polidipsi).

Karena demikianlah kita sering mendapati para diabetesein mengalami keluhan lemas, banyak makan (polifagi).

3. POLIFAGI (banyak makan)
Seorang diabetesein yang baru makan akan mengalami ketidakcukupan hormon insulin untuk memasukkan glukosa ke dalam sel, hal ini akan menyebabkan tubuh akan selalu ‘merasa’ kelaparan, sehingga tubuh sering terasa lemah. Kompensasinya seseorang diabetesein akan makan lebih banyak lagi.

Ini merupakan gejala awal penyakit diabetes melitus. Di lain kesempatan akan kita bahas mengenai gejala lanjutan dan gejala akut. Tetap kunjungi website Obat Diabetes.

No comments:

Post a Comment